Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan – Sebagian masyarakat memilih pekerjaan sampingan untuk menunjang perekonomian. Salah satu pekerjaan sampingan saat ini yang sedang populer adalah jasa pembukuan. Pembukuan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan di akhir periode. Melalui pembukuan perusahaan dapat mengetahui kondisi perusahaan tersebut sedang untung atau merugi.

Usaha sampingan pembukuan biasanya banyak dipilih karena dapat melakukannya sambil menjalankan pekerjaan yang lain, seperti tetap bekerja di kantor, atau menjalankan bisnis online shop. Jasa ini biasanya sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baru atau perusahan kecil yang minim profesional dalam membuat pembukuan.

Buat anda yang memiliki kemampuan menganalisa dan perhitungan yang baik serta berlatar pendidikan akuntansi, maka pekerjaan sampingan jasa pembukuan ini sangat cocok untuk anda. Berikut terdapat tujuh hal yang wajib anda pahami sebelum menjalankan usaha sampingan ini.

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

1️⃣ Mencatat aliran kas perusahaan, dalam mengerjakan pembukuan sangat penting memperhatikan aliran kas sebuah perusahaan, setiap pengeluaran dan pemasukan harus diperhatikan secara detail. hal ini diperlukan agar kesimpulan akhir mengenai untung dan rugi perusahaan bisa lebih akurat. Sebagai penyedia jasa pembukuan anda harus mencatat semua informasi mengenai aliran seperti siapa yang terlibat, dimana dilakukan, keperluan apa dan tanggal transaksi.

2️⃣ Mencatat semua aktifitas keuangan, Semua aktifitas keuangan wajib di catat seperti mengenai pembelian dan penjualan produk ataupun bahan baku. selain itu biaya produksi juga harus di catat, jika ada pengeluaran lain juga harus dicatat.

3️⃣ Mencatat stok di gudang dan kebutuhan operasional, Pencatatan mengenai barang yang masuk dan keluar sangat diperlukan perusahaan dalam mengaplikasikan sistem inventory yang baik. Kegiatan seperti ini membantu perusahaan mengendalikan persediaan gudang atau menghindari dead stock. Catatan tersebut juga harus diperhatikan secaraa detail mengenai tempat dan tanggal untuk menghindari kesalahpahaman.

4️⃣ Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) dengan akurat, masih banyak kesalahan dalam perhitungan HPP. beberapa perusahaan seringkali belum memberikan informasi detail mengenai biaya masuk dan keluar, Hal ini tentu mengakibatkan kesimpulan akhir periode yang kurang akurat. Disinilah peran jasa pembukuan sangat diperlukan oleh perusahaan.

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

5️⃣ Perhitungan biaya perncanaan dengan akurat, Perusahaan sangat membutuhkan orang yang kompeten untuk menghitung biaya perencanan, ada saatnya perusahaan tersebut mengalami perkembangan dan kemajuan untuk mendatangkan hal baru ke dalam perusahaan. secara tidak langsung diperlukan orang yang kompeten untuk menghitung biaya perencanaan dengan akurat.

6️⃣ Menyusun laporan penjualan dan pembelian, sebagai seorang penyedia jasa pembukuan anda memiliki tugas membuat laporan mengenai pembelian dan penjualan selama satu periode. anda juga harus menjumlakan biaya aktivitas penjualan maupun pembelian. jangan sampai terdapat kesalahan mencantumkan hal yang ada maupun tidak ada karena beresiko sangat besar, jadi sangatdi tuntut untuk teliti.

Berikut 7 Hal Penting Untuk Usaha Sampingan Jasa Pembukuan

7️⃣ Menyusun laporan utang piutang dengan sangat ceramat, biasanya dalam sebuah perusahan terdapat utang maupun piutang terhadap supplier dan pituang yang dimilikinya. Dengan melakukan perhitungan dengan baik maka hasil dari pencatatan anda akan dapat dipertanggungjawabnkan.

Walupun jasa pembukuan terlihat sederhana tapi sangat menentukan kemajuan perusahaan tersebut. Berhati-hati lah jika anda memutuskan memilih pekerjaan sampingan ini jangan sampai anda merugikan perusahaan dan yang paling penting pekerjaan anda di nilai tidak profesional. Semoga tips diatas bermanfaat…

Baca Juga: Bisnis Online 2018 Apakah Yang Laris Tahun Ini

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!